Jumat , September 22 2017
Home / Diary / Dengan HOOQ Hilang Suntuk, Enggak Bisa Bahasa Inggris Bisa Dikikis

Dengan HOOQ Hilang Suntuk, Enggak Bisa Bahasa Inggris Bisa Dikikis

Film Supergirl pada apliasi HOOQ. | Dok Pribadi
Film Supergirl pada apliasi HOOQ. | Dok Pribadi

Di kantor tempat saya bekerja sekarang, fasilitas internet tersedia 24 jam. Makanya banyak kawan yang suka berkunjung ke sini. Awalnya saya hanya mengira mereka suka saja bisa berinternet ria di kantor dengan fasilitas wifi. Kebanyakan memang membuka akun media sosial mereka.

Yang suka Instagram, bisa dengan leluasa live dan berbicara dengan follower mereka. Demikian juga yang mau seharian Facebook-an, silakan saja. Internet memang membuat kebanyakan orang keranjingan. Namun, itulah manfaat punya media sosial.

Saat penat mulai datang, kita bisa mengajak kawan untuk mengobrol, sekadar menyapa, atau urusan bisnis lainnya. Semua bisa dilakukan dengan menggenggam ponsel pintar di tangan.

Beberapa bulan belakangan, beberapa teman yang datang memberi informasi soal HOOQ. Apaan sih HOOQ? Ringkasnya kata mereka, ini aplikasi yang memungkinkan kita menonton film dengan enak dan nyaman. Resolusi gambarnya oke. Warnanya jernih sekali. Suara terdengar dengan jelas. Dan film-film yang ada di dalamnya cukup banyak. Dari mulai Indonesia sampai India. Dari mulai film di televisi yang terkenal sampai film lawas Warkop dan Benyamin S ada.

Tampilan daftar paket yang ditawarkan HOOQ. | Dok Pribadi
Tampilan daftar paket yang ditawarkan HOOQ. | Dok Pribadi

Yang suka Jackie Chan juga bisa menonton beberapa aktor laga kenamaan itu. Ada juga film-film Indonesia yang banyak digemari, termasuk Ada Apa dengan Cinta 2 yang ditonton jutaan kali.

Namun, saat menerima informasi itu, saya belum begitu responsif meskipun di ponsel, aplikasi HOOQ sudah tertanam.

Barulah beberapa minggu belakangan saya penasaran dengan aplikasi itu. Apalagi di kantor ada wifi, HOOQ pun saya buka. Rupanya yang kawan-kawan jelaskan tadi benar. Beberapa serial televisi Barat yang mungkin tak bisa ditangkap dengan antena televisi biasa, dengan HOOQ bisa disaksikan.

Untuk sinema Indonesia, HOOQ juga menawarkan paket berlangganan yang harganya superekonomis. Lihat saja nih tawaran dari HOOQ.

Untuk paket 7 hari, nominal yang ditawarkan murah banget Rp18.700. Untuk yang mau 30 hari berlangganan, HOOQ memberi banderol  Rp49.500. Kalau mau 90 hari, nominalnya Rp124 ribu. Untuk yang ingin 180 hari, harganya Rp244 ribu. Dan kalau mau puas satu tahun atau 360 hari, harga yang ditawarkan Rp440 ribu. Buat ukuran mendapatkan hiburan yang bisa diakses dengan ponsel, semua angka yang ditawarkan itu masih ekonomis. Superekonomis bahkan.

Satu yang saya suka dari apliasi HOOQ adalah sinema berbahasa Inggrisnya bisa membantu. Mungkin sebagian berpikir agak aneh. Pasalnya, saat menonton sinema berbahasa Inggris, tak ada keterangan sulih suara saat kita menonton di ponsel.

Paket 7 hari HOOQ. | Dok Pribadi
Paket 7 hari HOOQ. | Dok Pribadi

Saya menonton film Supergirl. Ya mirip-mirip Superman tapi ini cewek. Biasanya, jika menonton film berbahasa Inggris, kita akan mendapatkan keterangan dalam bahasa Indonesia di film itu. Namun, pada aplikasi HOOQ, hal itu tidak kita temukan. Pada poin inilah yang menurut saya mesti kita lihat sebagai “keunggulan”. Mengapa demikian?

Sebab, dengan menonton tanpa “diganggu” dengan teks sulih suara, kita bisa fokus menonton dan mendengar apa yang para bintang filmnya ucapkan di film itu. Perihal ini penulis sampaikan bukan untuk sok-sokan, melainkan lebih pada kemauan kita mencoba mengikis ketidakmampuan kita dalam berbahasa Inggris.

Dengan menonton film full berbahasa asing, kita bisa mereka-reka apa yang mereka ucapkan, dan sesuai dengan konteks adegan. Tentu buat pembelajar bahasa Inggris seperti saya, ini sebuah perjuangan. Bagaimana kita menikmati sebuah film tanpa penguasaan bahasa Inggris yang paripurna. Namun, itu tak masalah. Namanya saja belajar. Dan HOOQ menjadi alat belajar yang baik.

Dengan tampilan layar ponsel yang tidak selebar komputer PC atau laptop, membuat kita semakin nyaman dalam menonton. Kita tak diganggu dengan tampilan keterangan sulih suara dalam bahasa Indonesia.

Menikmati sebuah film berbahasa asing di HOOQ, semisal Supergirl ini, membuat kita mau belajar. Setidaknya ada sebuah kamus berbahasa Inggris yang saya pegang untuk menemukan sebuah kosakata yang saya tak ketahui saat diucapkan sang pemain dalam film.

Secara umum sih sebetulnya kita bisa tahu ke mana arah film itu, dari awal sampai akhir. Dari mukadimah sampai khatimah. Ringkas kan?

Persoalan berbahasa asing yang ada dalam film bisa kita jadikan sebagai sebuah pelajaran. Buat saya, ya menonton di HOOQ ini tak sekadar melepas suntuk dan penat. Ia juga menjadi sarana belajar berbahasa Inggris. Meski untuk itu saya beberapa kali mengulang-ulang supaya tahu apa sih yang diomongkan dalam film, hehehe.

Paket HOOQ 360 hari. | Dok Pribadi
Paket HOOQ 360 hari. | Dok Pribadi

HOOQ ini pandai membuat sebuah peluang. Saya menduga, ide dasarnya adalah kini semua urusan manusia ada di ujung jemarinya. Sebuah ponsel menjadi perkakas utama yang dibutuhkan. Bisa dibilang, hidup kita sekarang separuhnya ada di ponsel. Pun termasuk dunia hiburan, film contohnya.

Buat saya yang banyak mengecek pekerjaan via email, menulis artikel, mengomando teman reporter di grup WhatsApp, ponsel memang sesuatu yang utama. Maka, ketika HOOQ menawarkan hiburan film dengan beragam konten dan tawaran paket harga superhemat, jelas membantu sekali.

Suntuk dalam bekerja itu biasa. Penat melanda usai bekerja seharian itu juga manusiawi. Persoalannya adalah bagaimana kita bisa mengatasi itu semua. Dan hiburan berupa film, apalagi bisa diakses di ponsel seperti HOOQ, jelas menjadi alternatif.

Hiburan film itu menurut saya unik. Dan menonton memberikan sensasi tersendiri. Maksud saya begini. Kalau kita suntuk kemudian mencari obat dengan mengajak kawan chat dan sebagainya, jemari kita enggak berhenti bekerja. Tangan maunya nempel saja di ponsel. Maunya mengetik.

Tapi saat kita menonton film, kita taruh ponsel itu, kemudian kita menikmatinya dengan baik. Jemari kita akan diam, kecuali menjemba secangkir kopi dan meminumnya, atau merogoh kemasan kacang dalam plastik besar. Tapi secara umum, hiburan film membuat kita menyimak dengan baik. Kita tak mau sedetik pun bagian dari film tak kita tonton dengan baik.

Dan HOOQ dengan cerdas memberikan sarana hiburan film dengan ponsel dalam genggaman. Itu yang saya maksud mengapa hiburan menonton film itu berbeda dengan lainnya. Karena di situ kita akan khusyuk dengan tontonan yang sedang kita nikmati.

Kesimpulannya, dengan HOOQ hilang suntuk. Dan karang ketidakbisaan kita dalam bahasa Inggris sedikit demi sedikit terkikis. Anda enggak percaya? Buka deh ponsel Anda. Pastikan paket internet Anda oke. Atau terhubung pada wifi. Lalu bukalah aplikasi HOOQ dan pilihlah film yang Anda suka. HOOQ, HOOQ, kamu bikin aku enggak suntuk.(*)

About adian

Saya lahir di Tanjungkarang pada 27 Januari 1979. Waktu di SMAN 2 Bandar Lampung, saya pernah jadi ketua umum OSIS. Pernah bekerja di Harian Umum Lampung Post, Majalah Khalifah, KBR68H, duajurai.com, dan kini Pemred Jejamo.com. Beberapa buku saya: Setengah Abad Alzier, Menulis dengan Telinga, Menjaga Nama Baik (Biografi H Mursyid Arsyad SH), dan novel Ghandaru. Menikah dengan Sekar Sari Indah Cahyani dan dikaruniai dua putra: Nuh Muzaffar Quthuz dan Mirai Al Biruni

Check Also

Ilustrasi Amien Rais pada buku saya Menulis dengan Telinga. Ilustrasi dibikin teman saya Tri Purnajaya. | Dok Pribadi

Lima Menit Menahan Panas Bodi Mobil Tumpangan Amien Rais

Nama Amien Rais dalam beberapa hari belakangan mengemuka. Dalam berita yang kita simak di media …

12 comments

  1. Hahaha bener nih hiburan banget kalo lagi suntuk atau nungguin pesawat di bandara

  2. Subtitle-nya bisa dimunculkan juga sebenernya kak kalo kita mau, ada fiturnya. Ya semisal kita kesulitan atau emang gak mau banyak mikir 😀

  3. Wina Purnamasari

    Solusi banget buat anak kossan yg ga punya tv tapi punya smartphone ini bang

  4. Bisa nonton drama korea juga dong disini

  5. benar. aku juga belajar bahasa inggris dari menonton film berbahasa inggris tapi tidak melihat terjemahannya. kalau ada kata2 yang tidak familiar langsung buka kamus.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by griyawebhost.com